LAMAN UTAMA

Minggu, 14 Juli 2013

Debt to Asset Ratio (DAR)

Deb to Asset Ratio adalah sebuah rasio untuk mengukur jumlah aset yang dibiayai oleh hutang. Rasio ini juga sangat penting untuk melihat solvabilitas perusahaan. Solvabilitas adalah kemampuan perusahaan untuk menyelesaikan segala kewajiban jangka panjangnya.  
Semakin tinggi nilai DAR ini mengindakasikan :
  • Semakin besar jumlah aset yang dibiayai oleh hutang.
  • Semakin kecil jumlah aset yang dibiayai oleh modal.
  • Semakin tinggi resiko perusahaan untuk menyelesaikan kewajiban jangka panjang.
  • Semakin tinggi beban bunga hutang yang harus ditanggung perusahaan
Formula DAR  =    Total Hutang   x 100%
                                  Total Aset



Ilustrasi :


Dari tabel diatas dapat kita ambil informasi  :
- Total Hutang (Liabiities) tahun 2011  = 2.658.734 (kolom warna biru)
- Total Aset  tahun 2011   = 8.848.204 (kolom warna merah)

secara akuntansi kita dapat mengetahui jumlah ekuitas / modal perusahaan ini, yaitu :
Total aset  - Total hutang  = 8.848.204 - 2.658.734 = 1.773.914

Sehingga Rasio DAR 2011 adalah :  Total Hutang    =     2.658.734    = 0.30048
                                                         Total Aset              8.848.204

DAR Tahun 2011 = 30.04

Artinya :
  • Berdasarkan neraca keuangan perusahaan tahun 2011 ini, 30% aset yang dimilikinya dibiayai oleh hutang, baik hutang jangka panjang maupun hutang jangka pendek.
  • 70% aset lainnya dibiayai oleh Modal.
  • Solvabilitas perusahaan sangat baik, karena dengan modal 70% dari aset, maka perusahaan punya kemampuan yang baik untuk melunasi semua kewajiban yang ada.
Kajian Tambahan :
  • Dari data diatas diketahui bahwa dari total aset yang dimiliki perusahaan 30% dibiayai oleh hutang dan 70% dibiayai oleh modal. Sebagian para analis keuangan berpendapat bahwa jika jumlah total aset yang dibiayai oleh modal terlalu besar, maka perusahaan ini juga dianggap mensia-siakan potensi hutang untuk menunjang perusahaan. Sebagaimana kita bahwa hutang merupakan salah satu alat perusahaan untuk me-leverage-kan keuangan perusahaan, tetapi jika jumlah hutang terlalu banyak, maka ini juga akan membebani keuangan perusahaan. Untuk manajemen diharuskan menghitung komposisi antara hutang dan modal yang baik untuk perusahaan.
Apakah DAR dengan angka 30.04 ini baik ??
  • Belum tentu, sebagaimana yang dijelaskan bagian diatas, bahwa selain ini menandakan solvabilitas perusahaan yang baik, juga mencerminkan kemampuan perusahaan dalam menggunakan hutang untuk meleverage keuangannya.
  • Untuk itu sebaiknya kita menggunakan perbandingan dengan perusahaan sejenis dengan perusahaan ini, atau membandingkan dengan industri yang sejenis dengan perusahaan ini atau membandingkan dengan pasar secara keseluruhan. 
  • Dengan melihat data tersebut, maka  yang harus kita temukan adalah : BUKAN MENCARI DAR YANG TINGGI ATAU YG KECI, tetapi yang harus kita hitung adalah  pada angka DAR berapa perusahaan mampu menghasilkan arus kas yang tinggi . Kita dapat menggunakan data perbandingan tersebut.
    • Contoh : Perusahaan A memiliki DAR 30% dengan total arus kas yang masuk 20% dari Aset, Perusahaan B memiliki DAR 70% tetapi arus kas yang dihasilkan adalah 40% dari total aset. Dan Perusahaan C memiliki DAR 80% tetapi menghasilkan arus kas sebesar 15% dari total aset.
    • Maka pada kondisi ini yang kita pilih adalah perusahan B karena dengan dengan DAR 70% (sama artinya komposisi Modal 30% dan hutang 70%), ternyata perusahaan mampu menghasilkan arus kas sebesar 40% dari aset.



Have Nice Trading

__________________________________________________________________________________________________________________

1 komentar:

TINTIN RAHMAYANTI mengatakan...

Saya TINTIN RAHMAYANTI Saya ingin menyaksikan karya baik ALLAH dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
 Saya saat ini tinggal di sini di Indonesia. Saya seorang wanita bisnis dengan tiga anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada bulan DESEMBER 2017 dan saya harus membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
Saya adalah korban penipuan kredit 4-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang berhutang, saya dibebaskan dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM andal.
Untuk orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tetapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
 Saya mendapatkan pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp800.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan baik ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya menyarankan jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (tinrahma222@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau ingin prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

Posting Komentar

Harap menggunakan bahasa yang baik dan benar.