LAMAN UTAMA

Rabu, 10 Juli 2013

Return On Capital Employed (ROCE)

Return On Capital Employed atau  disingkat dengan ROCE adalah sebuah rasio keuangan yang digunakan untuk melihat efektivitas perusahaan mengelola  modal kerjanya untuk menghasil laba operasi perusahaan. ROCE sedikit berbeda dengan ROA atau ROE, Yakni : ROA dan ROE menggunakan data laba bersih tahunan sedangkan pada ROCE menggunakan laba operasi. Laba operasi adalah laba sebelum pajak setalah laba bersih tahunan adalah laba setelah pajak pendapatan.

Didalam kajian umum kinerja perusahaan atau laporan tahunan perusahaan, ROCE memang jarang disebut-sebut kedalam analisa laporan  karena sebagian analisis lebih suka menggunakan ROE atau ROA.
Masing-masing rasio memiliki kateristiknya berbeda, sehingga penggunannya dalam sebuah analisa juga berbeda....


Formula  ROCE = Laba usaha sebelum Pajak
                                 Rata-Rata  Modal Kerja
Note :
Modal Kerja = Hutang Jangka Panjang + Ekuitas
Rata-rata Modal Kerja = ( Modal Kerja Tahun ini + Tahun Lalu ) / 2

Sebagian analisis ada yang menggunakan modal dan sebagian lagi ada yang menggunakan rata-rata modal kerja
Ilustrasi :

Dari tabel diatas kita mencoba untuk menghitung ROCE tahun 2011

Data yang diperlukan adalah :

Modal Kerja Tahun 2011
- Hutang jangka panjang tahun 2011  =  1.083.182
- Ekuitas tahun 2011                         =   6.189.470
   Modal Kerja Tahun 2011               =  7.272.652

Modal Kerja Tahun 2010
- Hutang jangka panjang 2010            =     574.899
- Ekuitas tahun 2010                           =  4.458.432
   Modal Kerja tahun 2010                  =  5.033.331

Laba Operasi tahun 2011                 =  3.009.213

Maka ROCE  =              3.009.213                     =   3.009.213     = 0.24453
                           7.272.652 + 5.033.331                 12.305.983

ROCE Tahun 2011 = 24,45

Dari ilustrasi diatas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa tahun 2011, perusahaan mampu mengelola modal kerjanya untuk menghasil laba usaha sebesar 24.45% dari modal kerja yang disediakan.

Didalam praktek investasi, tidak ada sebuah angka yang mengindakasikan bagus atau tidaknya sebuah ROCE. ROCE ini hanya dapat dikatakan bagus atau tidak dengan cara :
  • Membadingkan dengan ROCE perusahaan dengan ROCE perusahaan lain yang sejenis
  • Memandingkan dengan ROCE perusahaan dengan ROCE  sektor industrti perusahaan itu bergerak
  • Membandingkan dengan ROCE IHSG
ROCE yang lebih tinggi adalah mencerminkan kinerja perusahaan yang baik pula dalam mengelola modal kerjanya untuk menghasilkan laba opeasi perusahaan.


Have Nice Trading

__________________________________________________________________________________________________________________

Related Post :

4 komentar:

serly mengatakan...

maaf mau nanya itu rumus ROCE yang dibawah kok belum dibagi 2 setelah Modal kerja tahun 2010 dan 2011 dijumlahkan? tq

TINTIN RAHMAYANTI mengatakan...

Saya TINTIN RAHMAYANTI Saya ingin menyaksikan karya baik ALLAH dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
 Saya saat ini tinggal di sini di Indonesia. Saya seorang wanita bisnis dengan tiga anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada bulan DESEMBER 2017 dan saya harus membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
Saya adalah korban penipuan kredit 4-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang berhutang, saya dibebaskan dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM andal.
Untuk orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tetapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
 Saya mendapatkan pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp800.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan baik ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya menyarankan jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (tinrahma222@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau ingin prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

Queen Lisa Efendi mengatakan...

saudara-saudara
Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima money di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya

 .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..«´ ONE BILLION RISING FUND¨`»(onebillionrisingfund@gmail.com)  
..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..BBM: D8E814FC

Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
Gmail saya adalah

Ratu Efendi Lisa
efendiqueenlisa@gmail.com   
Hubungi Says::+62 857 1997 9422
Whatsapp::+62 857 1997 9422

Stevanie Liem mengatakan...

Prediksi Togel Sgp Mbah Bonar 10 September 2020 Gabung sekarang dan Menangkan Hingga Ratusan Juta Rupiah !!!

Posting Komentar

Harap menggunakan bahasa yang baik dan benar.