LAMAN UTAMA

Minggu, 30 Juni 2013

Return On Equity (ROE)

Return On Equity atau sering disingkat dengan singkatan ROE merupakan rasio yang membagi laba setelah pajak dengan rata-rata modal pada sebuah perusahaan. Rasio ini digunakan untuk melihat tingkat efisiensi perusahaan dalam mengelola equitynya untuk menghasilkan laba bersih perusahaan. Secara teori ROE dirumuskan sebagai berikut :

RETURN ON EQUITY  = LABA BERSIH SETELAH PAJAK
                                                   RATA-RATA EQUITY

Note :
Rata-rata equity     =  ( Equity Tahun ini + Equity tahun lalu ) / 2
Secara Akutansi Equity (ekuitas) adalah Total Aset yang telah dikurangi hutang jangka panjang dan jangka pendek .


Ilustarsi :



Data diatas dapat diambil laporan keuangan sebuah perusahaan.

Dari gambar diatas diketahui :
Laba setelah pajak tahun 2012    : Rp 428.849.175.516  (Kolom Merah)
Ekuitas tahun 2011 : Rp 1.231.873.738.659 (Kolom Biru)
Eukitas tahun 2012 : Rp 1.681.001.039.174 (Kolom Biru)

Dari data diatas dapat kita hitung ROE tahun 2012 perusahaan :
                    428.849.175.516                              =         428.849.175.516
( 1.231.873.738.659 + 1.681.001.039.174) / 2                   1.456.437.388.916.5

ROE Tahun 2012 = 0.294450815
 
Idealnya semakin tinggi angka ROE maka semakin baik asumsi kinerja kerja perusahaan tersebut dari sisi pengelolaan ekuitasnya.
Secara umum tidak ada sebuah informasi atau riset yang menyatakan pada angka berapa ROE ini dianggap baik atau menyatakan sebuah perusahaan akan baik jika ROE sebesar sekian-sekian.
Maka salah satu yang dapat digunakan untuk menentukan ROE sebuah perusahaan ini baik atau tidak adalah
  • Membadingkan dengan ROE perusahaan lain yang sejenis
  • Memandingkan dengan ROE sektor industrti perusahaan itu bergerak
  • Membandingkan dengan ROE IHSG
Maka ROE yang terbaik adalah ROE yang berada diatas ROE perusahaan sejenis,  ROE sektor industri sejenis dan ROE IHSG.



Have Nice Trading

__________________________________________________________________________________________________________________

Related Post :

6 komentar:

Putra mengatakan...

thanks penjelsannya gan..semoga bermanfaat

Unknown mengatakan...

Sangat berguna

TINTIN RAHMAYANTI mengatakan...

Saya TINTIN RAHMAYANTI Saya ingin menyaksikan karya baik ALLAH dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
 Saya saat ini tinggal di sini di Indonesia. Saya seorang wanita bisnis dengan tiga anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada bulan DESEMBER 2017 dan saya harus membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
Saya adalah korban penipuan kredit 4-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang berhutang, saya dibebaskan dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM andal.
Untuk orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tetapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
 Saya mendapatkan pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp800.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan baik ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya menyarankan jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (tinrahma222@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau ingin prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
aditya.aulia139@gmail.com mengatakan...

Assalamualaikum Wr. Wb.

WhatsApp Only:{+33753893351}
Email:{aditya.aulia139@gmail.com}
{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan CREDIT UNION DAYA LESTARI via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

Stevanie Liem mengatakan...

Prediksi Togel Sgp Mbah Bonar 10 September 2020 Gabung sekarang dan Menangkan Hingga Ratusan Juta Rupiah !!!

Posting Komentar

Harap menggunakan bahasa yang baik dan benar.